Cara Root HP Xiaomi Redmi 3 tanpa PC dan tanpa unlock Bootloadernya

Kali ini Penak IT akan mencoba memberikan tutorial cara root Hp Xiaomi Redmi 3 tanpa harus unlock bootloader dan tanpa PC. Seperti yang kamu ketahui, beberapa ponsel keluaran terbaru dari Xiaomi saat ini memang lebih diperketat dalam masalah keamanan. Produk Xiaomi Generasi pertama bisa dengan mudah device Xiaomi kita utak atik, kini kita tidak bisa lagi sembarangan utak atik device dari Xiaomi. 

Beberapa ponsel Xiaomi keluaran terbaru saat ini telah dilock/ dikunci bootloader nya. Yang artinya dengan lock bootloader ini kita akan sedikit lebih sulit untuk meng utak atik jeroan ponsel terutama untuk mengganti custom ROM. Sudah pasti Hp Xiaomi kamu yang masih lock bootloader tidak akan bisa diinstall custom ROM.


Seperti pada ponsel Xiaomi Redmi 3 yang belum lama ini diluncurkan. Ponsel ini masih ter-lock bootloader, sehingga anda akan kesulitan untuk mengoprek dalemannya. Root, install custom recovery, install custom ROM, semuanya tidak bisa anda lakukan. Salah satu cara agar anda bisa meng otak atik Redmi 3 ini harus unlock bootloader dulu. Nah, masalahnya sekarang ini untuk unlock bootloader tidak segampang kemarin. Jika anda mau unlock bootloader Redmi 3 kamu harus mengirimkan permintaan ke Xiaomi untuk request unlock bootloader. Dan, request unlock bootloader ini harus menunggu minimal 10 hari.


Oke, skip skip dulu lah masalah unlock bootloader.  Penak IT akan jelaskan lagi cara unlock bootloader di artikel selanjutnya.

Sekarang yang akan kita bahas adalah cara root Xiaomi Redmi 3

Jadi anda sudah tahu kan dari yang saya jelaskan di atas tadi. Paling enak kalau kamu mau oprek Xiaomi Redmi 3 termasuk mau root ini tanpa harus unlock bootloader, paling enak sudah, anda bebas mau ngapain. Tapi daripada harus nunggu 10 hari, kalau cuma untuk root saja sebenarnya tidak perlu untuk unlock bootloader juga bisa. Mungkin sambil kamu menunggu 10 hari request unlock bootloader, kamu bisa juga root Xiaomi Redmi 3 tanpa unlock bootloader bahkan tanpa menggunakan PC sekalipun.


Aplikasi root Android yang saat ini sudah terkenal pasti anda sudah tahu kan? Yak, Kingroot. Untuk bisa me-root ponsel Xiaomi Redmi 3 ini kita butuh bantuan aplikasi seperti Kingroot. Tapi, tidak semua root menggunakan Kingroot bisa sukses di device Xiaomi Redmi 3, ada syaratnya. Untuk saat ini, Kingroot belum bisa bekerja pada Redmi 3 dengan versi MIUI 7.2… ke atas. Jadi kalau kamu mau root Redmi 3 menggunakan aplikasi Kingroot, anda harus install ROM MIUI 7.1… Bisa MUI 7.1.3.0, atau 7.1.2.0, atau 7.1.1.0. Yang penting jangan gunakan yang versi MIUI 7.2..


Kalau kamu sudah terlanjur install ROM MIUI versi 7.2 yang silahkan didowngrade dulu. Namun downgrade ROM anda harus membutuhkan bantuan PC karena harus melalui software MiFlash. Untuk Downgrade/ upgrade ROM saat ini belum bisa melalui recovery/ updater sebelum anda unlock bootloader, saya sudah coba sendiri. Jadi bagi kamu yang sudah terlanjur pakai ROM versi 7.2 kalau ingin root silahkan anda lewat unlock bootloader dulu yang memang harus menunggu 10 hari, atau mau downgrade ROM, yang jelas kalau downgrade ini tetap harus pakai PC.

Bagi yang sudah unlock bootloader Redmi 3, root bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika kamu sudah unlock bootloader dan posisi masih di ROM Developer Beta, masuk saja ke menu Security >> Permissions >> Allow root access. Pastikan Redmi 3 kamu sudah terhubung internet.

Centang pada I understand…. kemudian pilih Root acces. Maka ponsel akan mengunduh root acces. lalu ponsel akan restart otomatis, dan setelah restart otomatis ponsel Xiaomi Redmi 3 kamu sudah ter-root.

proses root Xiaomi Redmi 3 tanpa unlock bootloader bisa anda lakukan sesuai petunjuk berikut.

bagaimana Cara Root HP Xiaomi Redmi 3
Cara Root HP Xiaomi Redmi 3 


1. Bagi anda yang sudah terlanjur install ROM versi 7.2 silahkan downgrade ke versi 7.1 menggunakan MiFlash.



2. unduh aplikasi root untuk Redmi 3 >> https://goo.gl/9PrcYl



3. Alternatif lain juga bisa menggunakan aplikasi KingRoot yang bisa anda unduh disini >> https://kingroot.net/



4. Install aplikasi root tersebut ke ponsel Redmi 3 kemudian buka, pilih tombol putih lalu pilih root, maka proses root akan berjalan seperti gambar di bawah



5. Tunggu sampai proses 100%. Jika prosesnya sudah 100% dan proses root sukses, silahkan keluar dari aplikasi. Cek di ponsel kamu akan muncul aplikasi baru bernama KingRoot tanda root berhasil


6. Untuk memastikan root sukses atau tidak, silahkan restart dulu ponsel anda, kemudian install aplikasi yang memerlukan akses root, misal root explorer, titanium backup, atau aplikasi lain. Atau bisa menggunakan aplikasi CPU-Z dan lihat pada tab System. Jika keterangannya Root access = Yes berarti Redmi 3 kamu sudah root.

Nah, itu sedikit tutorial root Xiaomi Redmi 3 tanpa harus unlock bootloader dan tanpa PC. Simpel mudah, tapi dengan syarat ROM MIUI kamu harus MIUI versi 7.1. Dengan ponsel Xiaomi Redmi 3 yang sudah root, kamu lebih bisa mengeksplore dalam mengutak atik ponsel ini.

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Root HP Xiaomi Redmi 3 tanpa PC dan tanpa unlock Bootloadernya"

  1. wahh semoga bermanfaat bagi penggunanya, masalahnya saya bukan pengguna xiaomi heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp,gpp gan terima kasih sudah mampir hhe

      Delete
  2. mantab gan, ijin bookmark :D

    ReplyDelete
  3. Aku bukan pengguna xiaomi tapi ini bagus dan berguna bagi penggunanya.

    ReplyDelete
  4. ijin bookmark ya gan, bermanfaat banget nih

    ReplyDelete
  5. ijin nyoba dulu gan, makasih atas tutorialnya

    ReplyDelete
  6. Thnks info nya gan
    Dari www.andikastz.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. cara ini juga bisa untuk tipe yang lainnya min ?
    solder uap

    ReplyDelete