Bagaimana cara membedakan rom hp xiaomi offficial dan distributor


cara membedakan rom hp xiaomi official dan dstributor
Sumber Gambar : Penak IT
PENAK IT - Banyak sekali para mi fans yang belum tahu bertanya diberbagai grup facebook, romnya distributor atau sudah resmi (official)???Bedanya apa ???dll. oleh karena itu saya membuat artikel singkat ini agar kita sama-sama mengetahui apa sih, bedanya apa, kekurangan dan kelebihan rom distributor itu bagaimana?
maka saya buatkan dokumen ini agar para mifans tidak kebingungan lagi dengan pertanyaan ini.


1. XIAOMI ROM DISTRIBUTOR


Rom Distributor atau yang biasa disebut abal-abal ini adalah ROM suntikan dari pihak distributor tertentu, tujuannya berbagai motif, ada yang menyisipkan iklan tertentu, bisa support multi bahasa dan google. karena sebenarnya ROM asli dari xiaominya sendiri masih ROM Official China dengan kebijakan distributor tertentu yang dipasarkan secara global. karena yang saya tahu Google ada larangan di China, maka dari itu Rom china tidak ada Gappsnya (aplikasi Google), hanya ada aplikasi bawaan china atau appstore. atau ada juga Rom Global versi distributor kalau yang ini saya kurang faham. Ciri-ciri Rom distributor adalah di versi MIUI nya, ada angka yang lebih dari 4 Digit dengan 3 titik ditengahnya (kecuali Rom developer). 

Misal 8.1.10.0 (official)

8.1.10.0.0 (distributor)

Dan juga jangan terpaku dengan jumlah digit di versi miuinya yang sebagian ada juga yang abal-abal, contohnya "8.1.10.0 MCFCND" di rom itu ia support bahasa indonesia, lihat kode nama  Romnya tertulis "CN", sedangkan kode CN ini ialah kode ROM China, dan ROM China tidak ada bahasa Indonesia hanya bahasa China & Inggris, jika punya kamu ROM nya versi 8.1.10.0 MCFCND dan support bahasa Indonesia sudah dipastikan abal-abal. dan kode ROM Global adalah "MID" nanti akan dijelaskan dibawah.

Kekurangan rom distributor ini ialah sampai kapanpun tidak akan mendapatkan update OTA dari xiaomi, serta semakin lama sering dijumpai iklan-iklan yang mengganggu dan daya tahan baterai akan semakin menurun.

Jika kamu tidak suka dengan ROM Versi ini segera lakukan flashing ke rom official. Jika dirasa sudah cukup nyaman tidak masalah tapi yang pasti tidak akan mendapatkan fitur-fitur baru dari xiaomi.

2. ROM OFFICIAL

untuk Rom Official Xiaomi ini terbagi lagi menjadi 2 , yaitu ROM STABIL & DEVELOPER.

A. ROM STABIL/STABLE

Rom stabil ini ditujukan untuk kamu yang ingin mendapatkan kinerja yang lebih baik dan stabil, Rom stabil ini cocok buat kamu yang kurang suka mendapatkan update dalam waktu dekat, kekuranganya rom stabil ini akan jarang mendapatkan Update, ia akan lebih lama mendapatkan update bisa satu atau dua bulan lebih kedepan karena pihak pengembangan akan terus memperbaiki dan mempertimbangkan fitur-fitur dari developer sebelum dijadikan stabil, karena harus melalui tahap uji coba melalui rom versi developer.
Ciri-ciri rom Stabil baik versi Global maupun China ialah contoh :

MIUI Versi 8.1.10.0 MCFMIDI : Global Stabil Support Multibahasa dengan kode Name "MID".

MIUI Versi 8.1.10.0 MCFCND : China Stabil hanya support bahasa Inggris & China dengan kode Name "CN"


B. ROM DEVELOPER

Rom Developer ini ialah Rom resmi dari Developer Xiomi dan akan selalu mendapat update sekali setiap minggu biasanya pada hari Jum'at, Rom ini update biasanya ada perbaikan BUG atau masalah, bahkan akan ada penambahan fitur-fitur baru yang belum ada di Rom stabil, ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan sesuatu yang baru. jika Rom ini kamu mendapatkan BUG atau masalah yang timbul, hal ini sangat wajar karena itulah kekurangannya, Rom ini masih dalam tahap uji coba (beta) atau pengembangan yang nantinya akan ditambahkan ke ROM stabil jika fitur di rom ini sudah tidak ada BUG. maka tunggu saja updatenya.

Ciri-ciri ROM Developer (Beta) baik Global maupun China ialah.
7.3.16 : angka terakhir (16) menunjukan tanggal, angka kedua (3) menunjukan bulan, angka pertama (7) menunjukan tahun yang diambil dari angka terakhir, artinya dirilis tanggal 16 Maret 2017.

Kesimpulannya :
MIUI 8.1.10.0 MCFMIDI : ROM Official/Resmi Versi Global Stabil dan Support Multibahasa.
MIUI 8.1.10.0 MCFCND : ROM official/Resmi Versi China Stabil hanya support bahasa Inggris & China.
MIUI 8.1.10.0.0 MCFMIDI : Rom Distributor/abal-abal, tidak resmi dari xiaomi.
MIUI 8.1.10.0 MCFCND (tapi support Multibahasa) : ROM Distributor/abal-abal, bukan official.
MIUI 7.3.16 : ROM Official Xiaomi versi Developer/Beta.

Demikan penjelasan singkat mengenai ROM MIUI, semoga bermanfaat bagi mifans semua, dan semoga tidak ada lagi pertanyaan yang berulang-ulang.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Bagaimana cara membedakan rom hp xiaomi offficial dan distributor"