Cyanogen Resmi Tutup, Kado Tahun Baru yang menyakitkan

Kado Tahun Baru yang menyakitkan bagi para pengguna dan fans dari Custom Android ROM, Cyanogen OS. Siapa yang tidak Custom ROM yang Terkenal di kalangan Opreker ini.


Cyanogen Resmi Tutup, Kado Tahun Baru yang menyakitkan
Gambar Dari Penak IT

Cyanogen OS yang mencoba untuk membunuh hegemoni dari System Operasi android yang dimiliki oleh Google tersebut, kini tumbang dan menghentikan service nya pada gadget yang menggunakan Cyanogen OS yang kita ketahui dengan "Nightly Builds" Pada 31 Desember 2016.

Cyanogen pada awal kemunculannya datang dengan ambisi untuk membangun Sistem operasi android yang lebih baik dibandingkan dengan yang di buat oleh Google sendiri, tetapi dengan adanya beberapa masalah teknis dan potensi persoalan legalitas, yang membuat Team Cyanogen memutuskan untuk berhenti ditengah jalan. 

Rencana untuk penonaktifan Cyanogen secara resmi sudah di umumkan pada pekan ketiga bulan desember lalu, melalui blog post yagn dibuat oleh perusahaan, dikatakan akan menonaktifkan semua service dan nightly build pada 31 desember 2016.
"untuk projek open source dan source code dari cyanogen masih tetap tersedia bagi yang ingin tetap membuat CyanogenMod untuk kepentingan pribadi"

Bagaimana dengan Smartphone yang menggunakan Cyanogen?


Mulai Januari 2017. tidak akan lagi ada pembaharuan untuk Cyanogen OS. tidak akan lagi ada nightly build, dan tidak akan ada pembaharuan keamanan lagi kedepannya.

Bagaimanapun. smartphone yang menggunakan Cyanogen OS, seperti OnePlus One dan Lenovo ZUK Z1. mau tidak mau harus mengganti ROOM nya ke versi Open source dari Cyanogen yakni CyanogenMod (CM) Room.

CyanogenMod OS sendiri adalah System operasi android berbasi Open Source, yang dipimpin oleh Steve Kondik, Co-founder dari Cyanogen.

'Gelombang Kematian' bagi CyanogenMod


Tim CyanogenMod percaya, dengan penonaktifan Cyanogen OS menjadi 'Gelombang Kematian' bagi CyanogenMod, itulah pemberitahuan tim CynaogenMod setelah pengumuman tentang penonaktifan dari Cyanogen.

Tim CyanogenMod  mengapresiasi pada komunitas yang telah berjuang lebih dari 8 tahun dan tim juga mengumumkan  tentang projek open source Android selanjutnya, melanjutkan semangat dari Cyanogen, Tim CyanogenMod yang terdiri dari developers, designer, device maintainer, dan translator akan membuat Room Baru.


Next? Tim CyanogenMod meluncurkan Lineage OS


Dengan perpisahan dari Cyanogen dan CyanogenMod, semangat dari CyanogenMod akan tetap berlanjut dengan kehadiran projek open source yang baru.

bernama LineageOS, Sistem android yang baru ini masih dalam tahap ujicoba, dan masih membutuhkan waktu bagi orang -orang yang penasaran dengan kemajuan dari LineageOS.

menurut penjelasan dari timCyanogenMod (CM) , Lineage "LineageOS lebih dari sekadar 'rebrand' atau hanya sekedar perubahan nama saja, kita akan menjaga kualitas dari LineageOS, projek ini akan melanjutkan kesuksesan CyanogenMod'.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cyanogen Resmi Tutup, Kado Tahun Baru yang menyakitkan"